tes

Sabtu, 28 Juli 2012

2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis

1 Sistem Operasi
Dalam Ilmu komputer, Sistem Operasi atau Operating System adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi. Sistem operasi mempunyai kemampuan untuk menghindari terjadinya kesalahan (error) pada komputer. Fungsi pengaturan sumber daya sistem operasi adalah:
a. mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan komputer
b. Mengatur memori komputer
c. Pengaturan penyimpanan di Harddisk
d. Mengatur proses Input dan Output Data
e. Menajemen File
Sistem operasi yang digunakan komputer secara umum (termasuk PC dan jenis komputer lainnya) terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu:
1 Keluarga Microsoft Windows yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014).
2 Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifkasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
3 Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS versi 10.5 (Leopard). Pada tahun 2007 diluncurkan versi 10.5 (Leopard).
sedangkan komputer Mainframe dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, dan HP/UX.
Sistem operasi yang ada mempunyai kelebihan dan kekurangan dan kita dapat memilih sesuai kebutuhan dan kemampuan kita. Sistem operasi yang banyak digunakan adalah:

1 DOS
DOS adalah sistem operasi yang termasuk CUI (Character User Interface). Artinya, sistem operasi DOS berkomunikasi dengan pengguna komputer melalui karakter teks. CUI sekarang diganti dengan GUI (Graphical User Interface), yaitu sistem operasi yang menampilakn pesan dan menerima perintah dari pengguna komputer dalam bentuk grafis. Sistem operasi GUI lebih mudah digunakan daripada sistem operasi CUI. DOS pertama kali dikelurkan pada tahun 1981 oleh Microsoft.
2 Windows
Windows pertama kali dikeluarkan oleh Microsoft pada tahun 1990 diberi nama Windows Versi 3.0. Windows 3.0 menggunakan sistem operasi GUI. Seiring perkembang teknologi komunikasi digital, Microsoft mengeluarkan Windows 3.1 tahun 1992, Windows NT tahun 1993, Windows 95 tahun 1995, Windows 97, Windows 98, Windows Me, Windows 2000 Server, Windows Xp dan Windows 2003. Kelebihan operasi windows adalah penggunaannya lebih mudah dan ramah terhadap pengguna dan aplikasi-aplikasi yang dijalankan dengan operasi windows telah banyak tersedia. Kendala yang dihadapi oleh pengguna operasi windows adalah harganya terlalu mahal.
3 Unix
Sistem Operasi Unix banyak digunakan pada komputer besar seperti SuperKomputer, Mainframe, dan sebagainya. Unix dikembangkan di akhir tahun 60-an oleh sebuah group dipimpin Ken Thompson dari Laboratorium AT&T. Sistem operasi ini termasuk sistem yang mahal dan penggunanya terbatas.
4 Linux
Sistem operasi Linux dikembangkan oleh ahli Finlandia yang bernama Linux Benedict Torvalds. Linux dapat dijalankan di komputer PC dan tergolong sistem operasi open sourse. Linux merupakan sistem operasi yang murah dan dapat digunakan untuk banyak komputer dan tidak terikat dengan lisensi. Kekurangan dari linux adalah program aplikasi yang digunakan dengan sistem operasi ini masih kurang dan sangat terbatas.
2 Fungsi sistem operasi
Sistem Operasi merupakan bagian dari software komputer yang berfungsi sebagai interface (penghubung) antara aplikasi user, hardware komputer, dan software komputer. Oleh sebab itu, sistem operasi harus memilki kemampuan untuk bertindak sebagai:
1. Coordinator
Kemampuan sistem operasi untuk menyediakan berbagai macam fasilitas sehingga berbagai jenis instruksi baik instruksi sederhana maupun instruksi yang kompleks dapat dikerjakan dalam tingkatan tertentu.
2. Guardian
Kemampuan sistem operasi untuk memiliki access controls sehingga dapat melindungi fle dan mengadakan restriksi terhadap proses pembacaan data (reading), proses pengeditan data (writing), ataupun proses menjalankan suatu program atau perintah (executing). Yang dimaksud dengan restriksi adalah proses monitoring atau memindai data dan fle yang diproses.
3. Gate Keeper
Sebagai penjaga gawang, sistem operasi harus mampu mengendalikan siapa saja yang dapat masuk ke dalam suatu sistem komputer yang sedang aktif. Sehingga tidak sembarang orang dapat memasuki sistem komputer.
4. Accountant
Kemampuan sistem operasi untuk menjaga kinerja CPU agar tetap berjalan dengan baik. Mengawasi penggunaan memory agar komputer berjalan dengan stabil dan tidak lambat. Mengelola data atau fle ke dalam media penyimpanan (storage devices) yang tersedia.
5. Server
Kemampuan sistem operasi untuk melayani berbagai jenis aplikasi yang dibutuhkan oleh user atau client. Selain itu sebagai server, maka sistem operasi harus mampu mengatur hak-hak apa saja yang bisa dilakukan oleh user.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar