tes

Minggu, 29 Juli 2012

3.3. Mengidentifikasi kegunaan dari beberapa program aplikasi

Komputer merupakan suatu system antara hardware, software dan brainware. Hardware yang paling canggih pun tidak akan bermanfaat jika tidak didukung dengan software yang sesuai dan campur tangan manusia yang akan mengoperasikannya. Pada saat ini telah tersedia ratusan bahkan ribuan program computer yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Program-program tesebut dinamakan program aplikasi, yaitu program atau perangkat lunak (software)yang dibuat untuk siap dipakai atau digunakan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu. Hamper semua aspek kehidupan manusia sekarang telah tesentuh oleh teknologi computer. Pada bab ini akan membahas kegunaan beberapa program aplikasi popular di sebagian besar pengguna computer khususnya di Indonesia.

PROGRAM APLIKASI DALAM SISTEM OPERASI WINDOWS
Software system operasi windows merupakan suatu paket program. Ada beberapa program aplikasi yang sudah terpasang ketika proses instalasi program tersebut kedalam sebuah computer. Beberapa program aplikasi tesebut antara lain
1.       Word , Notpad
dalam  program system operasi  Micrsoft Windows sudah terpasang 2 program text editor, yaitu wordpad  Notepad. Notepad digunakan untuk mengolah text dasar tanpa format atau atibut yang bermacam-macam (*.txt) sedangkan Wordpad digunakan untuk  mengolah text dengan format yang lebih kompleks (*.rtf)
2.       Calculator
Fungsi awal dari sebuah computer adalah sebagai alat hitung. Microsoft Windows menyediakan program calculator baik dengan tampilan dasar (basis calculator) maupun dengan tampilan pengetahuan ilmiah (scientific Calculator ).

3.       Paint
Program ini digunakan untuk membuat atau mengedit document gambar, seperti file dengan extension bmp, JPEG, GIF atau TIF, sebagai progam dasar, paint memberikan pasilitas cukup untuk membuat gambar dengan berbagai bentuk dan warna yang beraneka ragam
4.        Internet Explorer
Microsoft dikembangkan untuk dapat mengikuti kemajuan teknologi komunikasi global salah satu program aplikasi yang digunakan untuk mendukung hal tesebut adalah tesedia progam Internet Explorer yang dapat menampilkan berbagai jenis halaman web internet baik berupa teks,gambar audio maupun video. Karena sudah terpaket dalam program system operasi , program Internet Explorer termasuk berowser internet yang sangat popular.
5.       Windows Media Player
Windows media player merupakan program multimedia yang disertakan dalam system operasi windows. Program Windows media Player dapat memutar atau memainkan berbagai format musik baik audio maupun video seperti cda, wav, mp3, mpeg, avi, wma dan lain-lain program ini juga dapat memainkan berbagai jenis format music yang digunakan untuk halaman internet. Fasilitas lain dalam program Windows Media Player adalah mampu mengorganisir semua file music yang terdapat dalam computer, sehingga memudahkan pemakai untuk menemukan dan memilih file-file yang diperlukan.
6.       Sound Recorder
Salah satu program aplikasi di bidang audio yang disertakan dalam system operasi Microsoft  Windows adalah sound recorder. Program ini berguna untuk membuat remakan rekaman suara dalam bentuk  file digital hasil disimpan dalam sebagai file audio dalam bentuk WAV
7.       Windows Movie Maker
Untuk melengkapi program multimedia yang didukung system operasi Windows, Microsoft meyertakan sebuah program Windows Movie maker. Program ini dapat digunakan untuk membuat file audio dan video dengan cara mengoperasikan yang mudah. Hasil dokumen dari program ini disimpan dalam bentuk windows media file (*WMV) untuk file audio
.
PEROGRAM APLIKASI PERKANTORAN (MICROSOFT OFFICE )
Salah satu paket program aplikasi yang sangat popular di kalangan pengguna system operasi Microsoft Windows adalah program Microsoft office . kegiatan pokok yang dilakukan dalam sebuah kantor tercakup dalam paket program ini. Ada beberapa versi Microsoft Office yang sudah dirilis oleh Microsoft antara lain Microsoft Office 95, Microsoft Office 97 profesional, Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP, Microsoft Office Office 2007. Perbedaan dasr yang tedapat dalam beberapa versi  Microsoft Office tersebut antara lain adalah peningkatan kualitas grafis pada tampilan program yang lebih menarik seta support ataudukungankepada masalah yang dihadapi pengguna dari perusahaan pembuatnya. Program-program yang ada dalam paket Microsoft Office 2003 :
1.       Microsoft Office Word 2003
Program ini merupakan program pengolah kata (word processor) yaitu program yang digunakan untuk membuat dokumen yang berisi teks atau naskah, misalnya surat-menyurat, laporan atau proposal kegiatan.
2.       Microsoft Office Excel 2003
Program ini merupakan program pengolah angka yaitu program yang digunakan untuk membuat dokumen yang berisi data angka. Dokumen disusun dengan format spreadsheet yang terdiri dari kotak-kotak table. Dengan menambahkan rumus atau formula perhitungan, computer akan melakukan penghitungan secara otomatis terhadap data yang telah dimasukkan dalam dokumen. Program sangat berguna dalam dokumetasi data yang memerlukan perhitungan akurat dan cepat misalnya membuat laporan keuangan perusahaan, pembuatan daftar gaji atau upah pegawai dan sebagainya.

2 komentar:

  1. Terimakasih atas materi nya mengenai pelajaran TIK ini,alhamdulillah sangat bermanfaat

    BalasHapus