tes

Sabtu, 28 Juli 2012

3.2. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi


 Pada sebuah komputer, suatu perangkat  lunak atau  software merupakan  suatu Program  komputer yang memungkinkan  sebuah  komputer  dapat melakukan  suatu  tugas  tertentu.  Perangkat  lunak dapat juga dikatakan sebagai ’penerjemah’ perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras.Sistem Operasi (Operating System)
Sistem operasi merupakan bagian software yang sangat penting. Pada dasarnya system operasi (Operating System) merupakan kumpulan dari program routine dan prosedur yang dibuat untuk memperkecil peranan pengguna computer dalam system computer dan memperbesar efisiensi system tersebut.
Secara umum fungsi system operasi adalah
a.       Sebagai manajemen proses yang mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses program yang sedang dijalankan.
b.      Sebagai manajemen sumber daya yang berkaitan dengan pengendalian terhadap perangkat lunak system/perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan
c.       Sebagai manajemen data, yaitu berupa pengendalian terhadap data masukan/keluaran.

1.      Klasifikasi Perangkat Lunak
Secara umum perangkat lunak dibedakan menjadi dua macam, yaitu perangkat lunak system operasi dan program aplikasi.(berdasarkan fungsinya)
a.       Perangkat Lunak System (Operating System/Sistem Operasi)
merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, seperti CPU dan piranti masukkan atau keluaran. Perangkat lunak  ini adalah perantara antara perangkat  lunak aplikasi dengan perangkat keras komputer. Ada berbagai jenis sistem operasi; beberapa di antaranya adalah: Linux, Macintosh, Solaris, Unix, FreeBSD, AIX, VM, MVS, CICS (sistem operasi yang dikembangkan oleh IBM untuk komputer mainframe),VMS, OpenVMS (sistem operasi pada komputer DEC). Microsoft DOS dan Windows serta AmigaOS
b.      Program Aplikasi
program aplikasi dapat digolongkat menjadi lima macam menurut cara mendapatkan dan hak pemakainnya.

1)        Perangkat lunak komersial
Perangkat ini dijual secara komersial, dan memiliki perlindungan hak cipta. kita dtidak diperbolehkan menggandakan atau mencopi secara illegal. Contoh perangkat yang dikomersialkan adalah Microsoft Word, Microsoft office XP, dan Adobe Photoshop dan lain-lain.
2)        Perangkat lunak domain public
Perangkat lunak yang tidak menyertakan perlindungan hak cipta. Artinya kita diperbolehkan menggandakan tanpa perlu takut ditunut secara hokum. Contohnya adalah open source.
3)        Shareware
Perangkat lunak yang memeiliki perlindungan hak cipta. Meskipun demikian perangkat lunak ini boleh digandakan. Biasanya perangkat ini bisa didaptkan di internet secara cuma-cuma
4)        Freeware
Perangkat jenis ini juga sama dengan shareware bedanya adalah perangkat ini diberikan secara gratis tapi tidak boleh digandakan. diberikan hanya untuk dikembangkan agar mendapat tanggapan dari para pengguna.
5)        Rentalware
Jenis perangkat ini adalah perangkat yang disewakan kepada para pemakainya. Tujuannya dalah agar para pemakai yang ingin memanfaatkan suatu perangkat dalam waktu tertentu saja tidak terbebani biaya untuk membeli.

2.      Memahami Program Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi atau sering disebut dengan program aplikasi dibuat oleh para pengembang perangkat lunak.
a)      Program Pengolah Kata (Word Processing)
Program aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengolah data yang kebanyakan berupa teks. Ada banyak program pengolah kata yang digunakan secara luas saat ini. Beberapa pengolah kata yang digunakan secara luas antara lain : Lotus Word Pro, Corel WordPerfect, StarOffice Writer, OpenOffice Writer, dan Microsoft Word.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar